Posted by : Unknown Monday, November 24, 2014

Jenis-jenis penyakit pada ikan tawar dapat menyerang lele dumbo, hama tersebut mennyebabkan lele mati terutama saat usia lele dumbo masih terbilang muda. Biasanya, penyakit pada lele akan datang setelah dua minggu lele ditebar. Penyakit yang menyerang diakibatkan oleh jaumr, bakteri dan parasit yang menempel pada lele dumbo. Lele dumbo sangat rentan terkena penyakit hal ini disebabkan karena lele merupakan tipe ikan yang tidak bersisik, adapun kegunaan sisik itu sendiri adalah untuk melindungi ikan dari lingkungan. Jika terluka lele dapat dengan mudah mengeluarkan lendir yang berlebihan. Lendir ini dapat menjadi media hidup bagi bakteri.
Penularan penyakit dapat terjadi dengan dua cara, yaitu:
  1. Melalui kontak badan akibat kepadatan populasi 
  2. Melalui air akibat penyakit yang diidap oleh lele lainnya.
Penyebab pada lele dumbo dibedakan menjadi dua yakni penyakit parasiter dan nonparasiter. Parasiter adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit, seperti virus, bakteri, jamur, caing dll. sedangkan nonparasiter  adalah penyakit yang disesabkan oleh faktor kimia atau pakan yang kurang baik.

Secara umum, terdapat gejala yang dapat diamati saat lele dumbo terjangkit penyakit. Adapun gejala-gejala umum tersebut yaitu: 
  • Lele cenderung menyendiri dan mengapung dipermukaan air
  • Nafsu makannya menurun
  • Sistem motorik lele berkurang (gerakannya lambat)
  • Kulit lele tampak melepuh seperti terbakar
  •  Sirip lele mengalami kerusakan
  • Muncul pendarahan di bagian tubuh tertentu lele
  • Lendir pada lapisan tubuh berkurang

Untuk mencegah terjangkitnya penyakit. dapat dilakukan beberapa pencegahan sebagai berikut :
  1. Pemberian pakan yang baik dan teratur serta tepat ukuran. Dengan kandungan gizi yang baik, lele dumbo akan lebih sehat. Oleh karena itu lele harus memperoleh pakan secara cukup baik pakan alami maupun pakan tambahan. 
  2. Menjaga lingkungan hidupnya, agar tidak menjadi sarang penyakit. Penggantian/pengurasan air secara teratur dan berkala dapat menjadi solusinya. Air yang sering diganti bisa membuat bibit penyakit yang bersarang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments