Posted by : Unknown Tuesday, November 25, 2014


Setelah melewati masa pembesaran, panen lele adalah saat-saat yang paling dinantikan oleh para peternak lele. Panen dapat dilakukan saat lele dumbo berumur 3-4 bulan atau mencapai berat 100-200 gram. Panen harus dilakukan dengan hati-hati supaya memperoleh hasil yang baik, tidak cacat atau luka. Jika tempat peternakan lele cukup luas, waktu panen yang baik adalah pagi hari. Jika hingga siang hari pemanenan belum selesai, sebaiknya dilanjutkan esok harinya.
Jika hasil panen akan dipasarkan, sebaiknya lele tidak diberi pakan dahulu selama semalam. Tujuannya agar lele tidak stres. Dengan demikian, jika dipasarkan atau ditebarkan kembali, lele tetap segar. Cara yang mudah untuk memanen lele adalah membiarkan lele dalam kondisi lapar. Setelah itu, lele diberi pakan di tempat tertentu, sehingga mudah untuk dijaring atau ditangkap. 

Panen yang hendak dipasarkan harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. Lakukan panen saat cuaca sejuk, jika dilakukan pemanenan sekaligus, air harus mulai dikeluarkan pada malam harinya, sehingga lele dapat di panen pada pagi harinya, sebelum suhu air naik menjadi lebih dari 26 derajat celcius.
  2. Hubungi konsumen atau pasar sebelum dilakukannya pemanenan. perhatikan juga alat transportasinya.
  3. Hentikan pemeberian pakan selama 46 jam sebelumnya. Dengan cara seperti ini perut lele akan kosong sehingga tidak mengeluarkan kotoran saat diangkut dan daya tahannya menjadi meningkat
  4. Siapkan alat angkut. Plastik dan tabung oksigen untuk pengangkutan tertutup. Bak angkut untuk pengangkutan terbuka.

Pemasaran lele dumbo terbilang mudah. Permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap ikan lele dumbo menjadi salah satu sebab mengapa lele dumbo gencar dicari untuk dikonsumsi maupun di pelihara, jadi hasil panen yang bagus selalu ditunggu oleh para konsumen dan pedagang. 
Paling sedikit ada dua jalur pemasaran yang dapat dilakukan dalam memasarkan lele dumbo konsumsi. Jalur pertama adalah penjualan secara langsung kepada pelanggan atau konsumen. Para pedagang ini biasanya suka menanyakan jadwal panen. Kemudian, beberapa minggu sebelum jadwal panen, mereka datang kembali. dengan begitu setiap panen lele dumbo, selalu ada pedagang pengumpul yang siap membeli hasil panen. Jalur kedua adalah menawarkan hasil panen ke pasar biasanya pasar ada pedagang yang siap memebeli hasil panen lele dumbo dalam keadaan hidup Ada baiknya menghubungi pedagang beberapa hari sebelum panen. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments