Posted by : Unknown Sunday, March 20, 2016



Menurut para ahli salah satunya menurut Hammad (2009) menyatakan bahwa madu terdiri dari beberapa jenis/tipe yang tergantung pada sumber bunganya. Madu yang sumber bunganya satu jenis sari bunga yaitu disebut monofloral. Sedangkan madu yang sumbernya berasal dari berbagai sari bunga disebut madu multifloral. Madu dapat dikelompokan ke dalam berbagai jenis berdasarkan ciri dan beberapa spesifikasi tertentu, kekentalan, aroma dan warna. Berikut ini adalah penjelasan mengenai karakteristik beberapa jenis madu: 

1) Madu Akasia 
yaitu madu yang berwarna kuning susu dan memiliki aroma yang lembut. Madu ini mempunyai kandungan fruktosa yang tinggi. Oleh sebab itu, jenis madu ini selalu dalam keadaan cair. 

2) Madu Limau 
merupakan madu yang termasuk madu paling laris di pasaran karena memiliki aroma yang lezat dan rasa yang istimewa. Warnanya kuning kehijau-hijauan. 17 

3) Madu Heather 
warnanya kuning gelap atau merah kecokelat-cokelatan. Madu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu ia akan membeku dalam keadaan diam, namun akan cair ketika diguncangkan. 

4) Madu Lobak 
jenis madu yang mengandung glukosa yang tinggi sehingga lebih cepat mengkristal. Warnanya putih pucat dikarenakan kandungan glukosanya yang tinggi sehingga rasa manisnya menyengat. 

5) Madu Alfalfa berwarna kuning muda, aromanya wangi, rasanya lembut, dan cepat mengkristal. Oleh karena itu madu ini sering dijual bersama sarangnya. 

6) Madu Willow 
berasal dari pohon willow yang memiliki daun berwarna ungu. Madu ini termasuk madu yang rasanya paling enak dengan aroma yang sangat wangi. Warnanya terang kehijau-hijauan dan tidak mudah mengkristal. 

7) Madu Eucalyptus 
berwarna kuning muda dan memiliki citarasa yang kuat. Madu jenis ini terkenal akan khasiatnya untuk mengobati penyakit dada. 

8) Madu Citrus 
pada umumnya dijual dengan nama “madu jeruk”, meski sebenarnya berasal dari pohon lemon. Madu ini berwarna terang dan rasa yang lezat. 

9) Madu Sikamore memiliki ciri khas yaitu tidak cepat masak. Madu jenis ini sebaiknya dikonsumsi beberapa bulan setelah disaring. 

10) Madu Dandelion 
memiliki ciri khas berwarna kuning tua keemasan. Madu ini memiliki rasa yang lezat dengan aroma yang tajam. 

11) Madu Gandum 
Hitam merupakan jenis madu yang dikenal dengan nama madu Buck Wheat. Jenis madu ini berwarna gelap hingga coklat tua dan memiliki rasa yang sangat kuat. Madu ini berasal dari Cina dan mengandung zat besi yang tinggi. Oleh karena itu, madu ini direkomendasikan untuk penderita kurang darah. 

12) Madu Thyme 
berasal dari tanaman thyme (sejenis tumbuhan beraroma harum) berwarna kemerah-merahan dengan rasa yang kuat.



sumber: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/50002

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments