Posted by : Unknown Thursday, March 10, 2016



Istilah "kroto" mengacu pada telur yang dihasilkan oleh semut rangrang, kata "kroto" sendiri berasal dari bahasa jawa yang kemudian menjadi populer di indonesia. komponen yang terdapat di dalam telur semut rangrang ini terdiri atas larva dan pupa. Tampilan fisik kroto sekilas serupa sengan butiran beras yang berbentuk lonjong dan berwarna putih. ukuran kroto besar berkisar antara 1 cm dengan diamiter/keliling 5 mm dan panjang kroto kecil sekitar 5-6 mm dengan diameter 2 mm kroto yang berukuran besar biasanya akan menjadi calon ratu semut itu sendiri.

Kroto diproduksi sekitar bulan oktober hingga januari, kroto merupakan bahan pakan yang digemari burung-burung seperti jalak, murai batu, kutilang dan beo, kroto menjadi bahas pakan yang sangat populer karena kandungan proteinnya yang begitu tinggi sehingga bagus untuk suaara burung dan bulu-bulu burung.

Berdasarkan tampilan dari segi fisiknya kroto bisa dibagi menjadi kroto basah, kroto halus, kroto kasar dan kroto kacang.


1. Kroto basah

Merupakan kroto yang paling disenangi oleh burung kicauan dan sering dimanfaatkan sebagai umpan untuk memancing ikan. kroto basah mengandung telur dan larva semut rangrang dengan kadar air yang tinggi sehingga mudah busuk dengan tanpa proses pengawetan kroto basah hanya dapat disimpan selama 1 hari, apabila disimpan dalam lemari pendingin kroto basa hanya bertahan hingga 3 hari. kadar protein dalam kroto basah mencapai 47.80%.


2. Kroto halus

Kroto halus terdiri atas semut-semut pekerja yang ukurannya kecil dan besar, tanpa proses pengawetan jenis kroto ini dapat bertahan selama kuranglebih seminggu. diantara jenis kroto yang lainnya, jenis kroto ini merupakan kroto yang tidak disukai burung.


3. Kroto kasar

Merupakan kroto yang terdiri atas induk ratu semut dan semut jantan. jenis kroto ini juga bisa disimpan selama seminggu.


4. Kroto kacang

Kroto kacang terdiri atas campuran ketiga jenis kroto, yaitu kroto basah, kroto halus dan kroto kasar ditambah dengan jenis pakan lain seperti kacang, jagung dedak, padi, voer dan beras hijau kroto ini dapat tahan disimpan selama seminggu tanpa pengawetan, kroto kacang mempunyai kandungan lemak yang tinggi berkisar antara 17,07%.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments