Posted by : Unknown Thursday, March 10, 2016

Kalau berbicara ikan mas sudah pasti semua orang tau dan tidak asing lagi dengan salah satu ikan konsumsi favorit masyarakat ini, selain mudah dalam perkembangbiakannya ikan mas juga termasuk ke dalam komoditi ika yang sangat digemari masyrakat untuk dikonsumsi dari anak-anak hingga dewasa. sebelum membahas ikan mas lebih jauh lagi mari kita lihat karakteristik dari ikan mas tersebut.


Karakteristik induk ikan mas yang baik:
  1. Bagian kepala induk ikan mas mungkin relatif lebih kecil daripada bagian badannya ikan mas juga mempunyai tutup insang normal dan tidak terlalu tebal sehingga berkesan menggembung. Panjang kepala minimal sepertiga dari panjang badan. dan jika tidak sama mungkin terjadi pelengkungan atau pemendekan tulang punggung.
  2.  Setiap sisi ujung moncong mulut bibir atas mempunyai 2 buah kumis yang perlu diperhatikan ialah matanya, jika induk ikan mas diletakan terlalu terlentang atau dimiringkan, biasanya matanya digerakan atau berputaar dan lenca mata kelihatan jernih.
  3. Sisik induk ikan mas yang baik tersusun secara teratur dan ukuranya relatif besar. sisik yang terlihat kusam atau tidak cerah menandakan ia kurang baik atau terlalu tua.
  4. Pangkal ekor yang baik harus normal dan kuat, tidak memendek atau melengkung, perbandingan panjang pangkal ekor dengan lebar atau tingginya harus lebih panjang. induk ikan menandakan pangkal ekornya kurang normal sebaiknya disingkirkan dari penyeleksian
Cara untuk membedakan kelamin jantan dan betina

Cara membedakan kelamin jantan dan betina pada ikan mas tidaklah sulit bagi petani atau peternak ikan mas yang berpengalaman cukup melihat tanda-tanda dibagian luar saja pasti akan sudah tau mana jantan dan mana yang betina, tetapi untuk memastikan apakah benar-benar jantan atau betina dan siap untuk pemijahan perlu diketahui ciri-cirinya secara pasti dan jelas

Berikut perbedaan ikan mas jantan dan betina :

Jantan
  1. Badan terlihat lebih ramping atau langsing
  2. Gerakannya gesit dan lincah
  3. Bila bagian perut diurut secara perahan dari depan ke arah sirip ekor maka akan mengeluarkan cairan berwarna putih (sperma) seperti air santan.
Betina
  1. Bagian badan terutama perut membesar atau terlihat buncit, bila diraba tersa lebih lembek
  2. Gerakannya lambat dan memberi kesan malas bergerak di dalam air
  3. Jika perut diurut maka akan mengeluarkan cairan berwarna kuning
  4. dan pada malah harinya biasanya meloncat loncat ke permukaan air

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments