Posted by : Unknown Thursday, March 10, 2016



Usaha budidaya adalah kegiatan mengembangbiakan da membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaan saja, memelihara dan peternakan perbedannya terletak pada tujuan yang ditetapkan, tujuan peternakan adalah mencari keuntungan.

Sekarang ini permintaan konsume terhadap kroto segar sangat tinggi di berbagai daerah, baik di pedesaan maupun dikota-kota besar hal ini erat kaitannya dengan peningkatan jumlah burung kicauan di seluruh indonesia, kroto sangat dibutuhkan sebagai bahan pakan tambahan. kroto merupakan menu extra food terbaik untuk burung kicauan karena kandungan protein yang tinggi.

Ketidakseimbangan antara barang yang dibutuhkan dengan pasokan yang ada maka hampur di seluruh daerah khsusnya dikota-kota besar mengalami kekurangan suplai kroto, untuk saat ini ada beberapa hobiis burung dengan harga jual mencapai Rp.100.000 - Rp.150.000/ kg menurut ngatman, dahulu para petani mencari sarang semut rangrang dipohon-pohon dengan bambu yang ujungnya diberi alat penjaring berbentuk krucut. Dengan menggunakan metode ini, hasilnya kurang memadai dan pada musim hujan sangat sulit untuk medapatkan kroto.


Kesempatan Bagi Pelaku Usaha di Bidang Kroto

  1. Lebih menjanjikan dibandingkan dengan budi daya ternak lainnya karena monitoring kesehatan lebih mudah dilakukan terhadap semut rangragn atau kroto ini dibandingkan dengan komoditas peternakan lain.
  2. Belum banyak orang yang terjun ke bidang usaha budi daya kroto sehingga persaingan usaha belum terlalu ketat
  3. Daya adaptasi semut rangrang besar sehingga memungkinkan memperoleh derajat kelangsungan hidup dan pertumbuhan yang tinggi dalam proses budi dayanya. Resiko gagal pun rendah pada teknis pemeliharaan atau perawatannya.
  4. Adanya larangan untuk mencari telur semut rangrang dari alam di beberapa daerah sehingga pesaing untuk penjualan masih sedikit.
  5. Peluang untuk memasarkan produk kroto ke luar negeri atau impor sampai saat ini tidak menjadi masalah karea keadaan paoskan semut rangrang masih belum memenuhi permintaan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments