Posted by : Unknown Friday, March 11, 2016



Kroto diberikan pada burung supaya menjadi lebih sehat dan suaranya merdu dan rajin berbunyi. namun, setiap hobiis mengaplikasikan cara dan dosis yang berbeda, ada yang memberikannya setiap hari (setiap pagi atau sore hari sebanyak satu sendok makan, ada juga yang dua hari sekali, dan ada juga yang memberikan kroto hanya ketika menjelang lomba burung bersuara.

Istilah para kicaumania kroto merupakan makanan utama, kelebihan maupun kekurangan makanan ini akan mempengaruhi stamina burung, kelebihan pemberian kroto terhadap burung bisa menimbulkan efek yang sama dengan jangkrik, yaitu burung menjadi galak, hal ini pernah dialami oleh para hobiis burung jalak yang jengkel gara-gara burung mereka tidak mau bersuara meski usianya sudah cukup untu bersuara/berkicau.

Kurang pemberian kroto bisa menimbulkan burung mogok berkicau dan kurang stamina diharapkan suara burung akan lantang sesuai harapan justru menjadi mogok bersuara, sejak diteliti ternyata penyebab utamanya kekurangan ekstra fooding yaitu kroto.kroto merupakan komponen yang sangat dibutuhkan burung kicau untuk bersuara lantang dan mampu mengikuti suara burung lain ketika tanding.

Begitupun dengan burung murai batu, untuk menghindari burung mogok berbunyi saat maupun tidak saat bertanding wajib hukumnya untuk memberikan kroto segar, tidak hanya itu, burung yang tidak di lombakan sebaiknya diberikan kroto dalam perawatan harian, pasti suara yang dihasilkan berbeda, namun pemberian kroto pada murai batu harus segar, jangan pernah memberikan kroto yang sudah basi, pemberian kroto yang sudah basi berdampak bruruk pada kesehatan murai batu, termasuk menyebabkan suara murai batu menjadi serak, bahkan malas untuk berbunyi, pemberian kroto yang disarankan untuk murai berkisar antara 2-3 kali seminggu. Adapun saat muari batu sedang mengalami rontok bulu, pemberian kroto dapat mempercepat proses pertumbuhan bulunya kembali. Pemberian kroto pada murai batu mampu mempercepat proses pertumbuhan bulunya terutama saat proses mabung.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments