Posted by : Unknown Thursday, March 10, 2016



Cara mempersiapkan tempat untuk pemijahan untuk induk ikan mas yang akan dipijahkan perlu dipersiapkan dengan baik sesuai dengan sifat-sifat ikan mas tersebut agar tempat itu disukai sehingga induk ikan mas merasa nyaman sesuai dengan keinginannya perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :


1. Restorasi/perbaiki tempat (kolam)
  
pematang yang telah rusak atau bocor karena ulah binatang lain seperti ular. belut, kepiting air tawar dan lain-lain. harus diperbaiki dengan cara ditambal atau dipadatkan dengan tanah liat. perbaikan pematang yang bocor sekaligus untuk mencegah binatang-binatang tersebut bersembunyi. 

rerumputan yang pertumbuhannya tidak terkendali dan menjulur ke dalam kolam harus dibersihkan atau dibabat, tetapi jangan sampai gundul, lumpur yang terlalu tebal harus dihilangkan sebagian, pecahan genteng, bekas bungkus deterjen, kaleng, kayu, harus dibuang dari kolam. Sarana pengairan seperti saluran pemasukan dan pengeluaran air, saringan, papan penyekat, pipa paralon diperbaiki atau diganti dengan bahan dan alat baru agar berfungsi normal kembali sehingga air dapat terkendali sesuai dengan kebutuhan.


2. Dasar kolam dikeringkan

Bila matahari bersinar normal biasanya dasar tanah akan kering dalam kisaran waktu 2-3 hari. apabila cuaca tidak normal atau matahari tertutup awan penjemuran harus ditambah hingga 5 - 7 hari. Pengeringan harus dilakukan karena selain bertujuan menguapkan gas-gas beracun hasil pembusukan yang mungkin terdapat di kolam, memberantas hama penyakit maupun telur-telur ikan buas seperti ikan gabus juga menimbulkan bau yang dapat menggugah atau menimbulkan hasrat induk untuk kawin.

apabila dasar tanah kolam tidak dapat kering karena air hujan terus menerus misalnya harus disiasati dengan pembakaran dedaunan seperti contoh daun pisang, daun rambutan, daun kelapa yang jatuh ke kolam dan lain-lain agar dasar kolam menjadi benar-benar kering, dapat pula mepergunakan batang padi kering.

Selama proses pengeringan perlu diberi kapur tohor secara merata. pemberian kapur ini selain dapat menaikan pH tanah juga ampuh untuk meberantas bibit-bibit penyakit yang mungkin masih berada di dalam kolam. Dosis kapur yang disebarkan adalah 60 gram per m persegi.

Setelah kolam kering terjemur air baru boleh dimasukan melalui saringan yang dipasang pada pintu pemasukan. jangan lupa pintu pengeluaran air harus ditutup rapat-rapat agar tidak ada bocoran, hingga air yang menggenangi kolam pemijahan mencapai 50 -85 cm tinggi airnya.

Induk betina siap dipijah seberat 3 kg memerlukan ruang di kolam seluas 19 m berarti setiap kg induk memerlukan areal 6 m persegi, sedangkan ukurannya dapat 8x2 atau 4.5x4 jadi apabila mempunyai stok induk sejumlah 6 kg, maka ruang kolam yang dibutuhkan adalah seluas 37 m persegi.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments