Posted by : Unknown Tuesday, December 1, 2015


Budidaya ikan lele dumbo sampai saat ini sudah banyak berkembang di masyarakat dan sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai ikan konsumsi. Bahkan yang dulu dikenal sebagai ikan yang hanya dikonsumsi oleh golongan masyarakat berpenghasilan rendah, akhir-akhir ini makin disukai olehgolongan masyarakat menengah ke atas. 

Usahatani pemeliharaan ikan lele dumbo merupakan salah satu sumberproduksi ikan dalam rangka menjaga keberlangsungan sektor perikanan. Usahatani pembesaran ikan lele dumbo banyak diminati oleh petani sebagai mata pencaharian yang merupakan sumber pendapatan petani. Dalam melakukan usahataninya petani mempunyai tujuan yang ingin dicapai yaitu bagaimana usahatani yang dilakukannya tersebut akan dapat memberikan keuntungan dengan penggunaan sumber daya yang ada. 

Petani berusaha untuk mengalokasikan penggunaan sumber daya tersebut sebaik-baiknya agar diperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Menghadapi situasi dan kondisi demikian maka untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya dan peluang usahatani lele dumbo dalam rangka mendukung pembangunan dan peningkatan taraf hidup petani ikan lele dumbo, para pelaku input dan output usahatani lele dumbo diperlukan cara efektif untuk pengembangan usahatani lele dumbo. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudahdibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa.

Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan dapat budidayakan di lahan dan sumber air terbatas dengan padat tebar tinggi, teknologi budidaya yang relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, pemasarannya relatif mudah serta modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah. Lele juga kaya akan gizi yaitu protein sebesar 20 % dan sangat baik untuk kesehatan karena tergolong makanan dengan kandungan lemak yang relatif rendah dan mineral yang tinggi. 

Konsumsi ikan lele pada beberapa tahun terakhir semakin meningkat. Kalau dahulu ikan lele dipandang sebagai ikan murahan dan hanya dikonsumsi oleh keluarga petani saja, sekarang ternyata konsumennya makin meluas. Rasa dagingnya yang khas dan cara memasak dan menghidangkannya yang secara tradisional itu ternyata sekarang menjadi kegemaran masyarakat luas. Bahkan banyak pula restoran besar yang menghidangkannya.

Berikut simulasi peluang usaha dari lele dumbo:
  1. Kedai Pecel Lele, Masyarakat perkotaan tentu sudah tidak asing lagi terhadap rumah makan atau kedai yang ada di sepanjang jalan protokol maupun di restoran-restoran yang menjual masakan dengan bahan ikan lele, dengan begitu maraknya para pelaku usaha rumah makan yang menggunakan lele sebagai bahan utamanya membuktikan bahwa peluang usaha dari ikan lele ini sangatlah tinggi, namun tentu harus dibarengi dengan usaha dan sumber daya manusia yang sesuai.
  2. Kerupuk Lele, Selain untuk bahan pecel lele juga dapat dimodifikasi/dibuat menjadi kerupuk lele, hanya saja dalam prosesnya pembuatannya membutuhkan keahlian dan keterampilan, kerupuk lele juga sangat diminati oleh masyarakat.
  3. Budi Daya Lele, Dalam kontek budi daya lele sudah pasti peluang usaha yang paling diminati adalah budi daya ikan lele, karena ikan lele termasuk ikan yang mudah untuk di budidayakan dan banyak peminatnya. Budidaya ikan lele bisa menggunakan media kolam tembok, kolam terpal, kolam drum, kolam pelastik, kolam tanah dan lain-lain.Para pelaku usaha yang bergelut dalam budi daya ikan lele mendapat keuntungan yang sangat menggiurkan karena begitu banyaknya peminat terhadap ikan catfish itu, selain itu tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk membudidayak ikan lele.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments