Posted by : Unknown Saturday, November 22, 2014

Memperoleh Benih Pertama yang diperlukan adalah memperoleh benih. Setelah memiliki tempat pemeliharaan dan pembesaran di kolam, ataupun pekarangan rumah diperlukan untuk memperoleh benih. Benih merupakan suatu kunci kesuksesan dalam budi daya lele dumbo. Cara memperoleh benih lele dumbo adalah dengan pemijahan atau dengan membeli di peternak benih. Jumlah hasil pembesaran lele dumbo tergantung dari benih yang digunakan.
 Mutu benih yang sangat rendah dapat menyebabkan lele dumbo tidak tahan terhadap lingkungan sehingga hasilnya hanya sedikit. Secara umum ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar pembesaran lele dumbo berhasil dengan baik : 

  1.  Mempersiapkan kolam dengan baik 
  2. Ukuran benih yang ditebarkan harus sama dan seragam. Karenanya benih harus di seleksi terlebih dahulu. 
  3.  Benih bebas dari penyakit.

Ketiga faktor ini merupakan hal terpenting, karena jika salah satu atau beberapa akor benih sudah terinfeksi virus/penyakit, benih lain pun bisa tertular. Salah satu upaya untuk mencegah dan mengobati penyakit benih adalah dengan merendam (treantment) benih dalam larutan obat tertentu. Obat yang dapat digunakan diantaranya gold 100 dengan dosis 2 gram/1.000 liter air selama 30 menit, malachit green (MG) dengan dosis 2 gram/1.000 liter air selama 30 menit, atau larutan garam dapur dengan dosis 1 gram/1.000 liter air selama 30 menit. Dengan perendaman tersebut bibit penyakit yang ada di dalam benih akan mati. Berikut adalah tahap-tahap ukuran benih yang di tebarkan : 
a. Pendederan Benih Tahap Pertama Lele yang ditebarkan masih sangat kecil, yakni 2 minggu sejak menetas, Ukurannya sekitar 2-3 cm. Kepadatan penebaran bisa mencapai 50 ekor benih per m2 proses pendederan tahap ini biasanya dilakukan selama satu bulan, sehingga diperoleh benih lele dengan ukuran 5-6 cm. Pakan yang bisa diberikan adalah pakan yang alami berupa kutu air, plankton, dan jentik-jentik. Pakan buatan berupa bubur tepung ikan, tepung udang dan kuning telur.
b. Pendederan Benih Tahap Kedua Benih yang ditebarkan berumur 1,5 bulan dengan ukuran sekitar 5-6 cm. Kepadatan penebaran biassanya 20-25 ekor per m2 Setelah dipelihara selama sekitar satu bulan, lele akan berukuran 8 cm dengan berat 20 gr per ekor.
c. Pendederan Tahap Ketiga Benih yang ditebarkan berukuran sekitar 8 cm. Dengan pemeliharaan selama satu bulan, akan diperoleh benih ukuran 12 cm dengan berat 40-50 gr per ekor. Kepadatan penebaran benih berkisar antara 15-20 ekor per m2. 
d. Pembesaran Pembesaran dilakukan untuk lele berukuran sekitar 12 cm dengan berat 40-50 gr per ekor. Padat penebaran pada tahap pembesaran ini 10 ekor per m2 pemeliharaan tahap ini biasanya dilakukan selama1,5-2 bulan. Pada saat itu lele dumbo telah mencapai berat 100-125 gr per ekor atau 8-10 ekor per kg. Ukuran lele seperti itu telah siap dikonsumsi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments