Posted by : Unknown Tuesday, December 13, 2016



Ayam merupakan hewan yang mudah untuk dikembangbiakan dan dijaman sekarang ayam merupakan komoditi peternakan yang paling banyak peminatnya dan memiliki permintaan yang terus meningkat di pasaran dimana ayam telah menjadi salah satu makanan pokok dan wajib bagi sebagian besar masyarakat untuk dapat menikmati kandungan dan kelezatan daging dengan harga yang cukup murah. Adapun untuk beternak ayam pun dibagi menjadi 2 yakni beternak ayam petelur atau pedaging dimana kedua-duanya sama-sama menguntungkan.

Salah satu alasan yang membuat ayam pedaging lebih mudah dibandingkan ayam petelur adalah dimana panen ayam petelur dapat anda capai hanya dalam waktu 2 hingga 2,5 bulan jika dilakukan dengan cara benar dan baik, selain itu cara perawatan ayam pedaging pun lebih mudah dan praktis dibandingkan ayam petelur. Nah bagi anda yang para pemula yang ingin memulai beternak ayam sebaiknya memulai dengan beternak ayam pedaging untuk lebih memahami beternak ayam sebelum jika nanti anda memutuskan untuk beralih ke ternak ayam petelur. Berikut kami berikan cara ternak ayam petelur:

Pemilihan Bibit Ayam
Tentunya untuk memulai ternak ayam, anda membutuhkan bibit ayam yang dapat anda siapkan dari telur ayam yang ditetaskan sendiri atau membeli bibit ayam kampung dari toko peternakan atau sesama pelaku ternak ayam yang biasa disebut dengan nama DOC. Adapun syarat untuk memilih bibit ayam yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut :
  • Sehat dan tidak cacat
  • Berdiri tegak dan gagah
  • Mata tidak sayu dan harus bersih
  • Bulu ayam yang bersih dan lengkap
Kandang Ternak Ayam

Siapkan kandang ternak anda sesuai dengan jumlah bibit ayam yang telah anda siapkan dan siap untuk anda ternakkan, hal ini penting agar kandang anda tetap lega, serta lowong dan tidak sempit bagi ayam-ayam ternak anda nantinya.

Lokasi Ternak Ayam

Untuk lokasi ternak ayam juga memiliki beberapa persyaratan agar ternak ayam anda meraih kesuksesan, adapun syarat sebagai berikut :
  • Jauh dari pemukiman warga agar tidak mengganggu ketenangan
  • Lokasi kandangn tidak lembab dan sinar matahari dapat masuk ke kandang dengan mudah
  • Memiliki sirkulasi udara/ventilasi yang baik
  • Lokasi kandang tidak lembab
Pakan Ayam
Pemberian pakan secara teratur dan rutin seperti cacing,beras,jagung, dan sebagainya merupakan hal yang penting untuk kesuksesan ternak ayam anda, dimana selain rutin dan teratur, isi pakan anda juga harus disesuaikan dengan bobot dan berat serta usai ayam anda sebab selain anda dapat berhemat dengan modal pakan ayam, ayam juga dapat bertumbuh kembang dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit.

Pemeliharaan Ayam
Untuk kesehatan ayam dan agar ayam bertumbuh kembang dengan baik maka penting untuk memperhatikan kebersihan kandang ayam agar bebas dari berbagai benih penyakit, maka bersihkan kandang ayam sekitar minimal 2 – 4 minggu sekali. Pemberian gizi dan multivitamin untuk ayam yang dicampurkan pada makanan ayam pun juga akan sangat baik.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments